Monday, May 17, 2010

antara HARAPAN, MIMPI, dan KENYATAAN




assalamualaikum,,,



hari ini, tepat setelah jam pelajaran ke 6, 13 orang dari adikkelasku akan berangkat ke SURABAYA untuk sekedar "UJIAN" dalam menempuh studi ke AL AZHAR CAIRO, MESIR dengan peristwa ini, aku jadi teringat kisah satu tahun yang lalu saat aku jug a mengalami hal seperti mereka, , ,

keinginan ku untuk sekolah ke AL AZHAR memuncak ketika aku belajar "MUTHALAAH" pelajaran sore kelas 4 tentang "JAMI'U AL AZHAR" begitu terpesonanya aku dengan sekolah itu ,,, keinginan pun kuat setelah aku selesai sekolah kira2 2 tahun lagi apalagi pengajarku ketika itu adalah mahasiswi sekarang di AL AZHAR UNIVERSITY . namun keinginanku tiba tib apudar tidak seperti apa yang ku harapkan dahulu pergi ke al azhar bukan menjadi prioritas utama dan akhirnya singkat cerita datang waktu pendaftaran untuyk ujian seleksi sekolah di al azhar university di kampusku , terbesit rasa ingin ikut lalu pergilah aku ke kantor pendaftaran tapi alangkah bodohnya aku menunda pengisian formulir pendaftaran hingga tibalah hari ujian , dan ketika di konfirmasi tempat ujian secara otomatis namaku tidak tercantum. spontanlah kaka kelasku yang sekamar denganku bertanya tanya tentang hal ini yang notabene dya tahu bahwasanay aku ikut mendaftarkan diri mengikuti ujian . datanglah dya menghampiriku dengan sejuta pertanyaan .

" namamu tidak ada di daftar peserta ujian nanti sore" tanya mami panggilanku karena dya adalah ketua kamarku sekaligus pembimbing aku waktu aku kelas 6
"daftar apa mi?" tanyaku balik
"lho nanti sore wat ujian ke misro" jawab dya heran
"lho emang ujiannya nani sore ya mi, ?" tanyaku balik dengan penuh rasa kecewa karena aku belum siap ujian
" iya peh , nanti sore, tadi panitia sudah mengkonfirmasi lewat telpon dannamamu tidaka ada"
" ya jelas lah mi namaku tidak ada aku belum mengumpulkan blanko pendaftaran, malahan aku belum mengisinya kertasnya pun amsih ada di dalam lemari" jawabku santai sambil kulihat mata mami yang menunjukan sikap kecewa karena aku "sedikit meremehkan" ujian ini
"coba telponpanitia masih bolehkan kamu mengikuti ujian walaupun kamu belum mengumpulkan formulir pendaftaran?" usul mami

finally i pick up my phone and ring up KMI office

dengan senyuman aku pun menutup gagang telpon,,,
"gimana?" tanya mami
"alhamdulillah mi, masih boleh" jawabku dengan senyuman
akhirnya aku bergegas untuk mengambil pulpenku dan mengisi formulirnya tapi sayangnya karena hari itu aku piket aku tidak langsung mengumpulkannya danaku berniat mengumpulkannya setelah selesai jam pelajaran ke 6 akan tetapi,,, setelah jam ke 6 selesai aku tidak mengumpulkannya dasar anak males !!!! ufgh,,,,
teman sekamarku juga mengikuti ujian ini yang notabene dya sekarang sudah ada disana di MESIR maksudnya "hmm tertinggal aku disini" belajar dan terus menghafal aku pun iri kenapa dya sunggu giatnya aku ahanya terpaku diam disini ..???
setelah shalat dzuhur aku mengahfal sisa sisa hafalanku karena katanya yang di uji adalah hafalan qurannya waah lumayan berat tapi ini suatu tantangan bagi ku ...
sayangnya,,,,
mungkin karen akau cape setelah piket laboratorium bahasa ketika itu aku pun tertidur sampe jam 3 sore,,,, GILA sebenernya siap gak sich aku ikut ujian?? temanku membangunkan aku sich cuma mungkin aku males dan perasaanku cape ketika itu
"asbiquki ya peh" ucap unun teman sekamarku karena dya udah siap
"ya "jawabku gak papa
hari itu aku ingat hari minggu dan mat akuliah nya hari itu adalah komputer bisnis yang mana kuliahnya di labkom,,,
ini yang membuatku kaget aku lupa mengumpulkan formulir! aduuh aku berfikir kayaknya gak akan di terim alagi nich akhirnya aku pergi ke labkom danizin ke teman temanku bahwasanya hari ini aku akan ikut ujian dan walhasil teman2 ku "muamalat 2" pun memberikan aku support yang gila gak tertandingi!!!
aku pergi ke KMI di sana udah banyak anak2 yang lain kumpul dan menghafal "qurannya" waw,,, aku gak bawa qur'an?????
terbenak dalam fikiranku...

"NIAT GAK SICH KAMU ??????????"

aku barusan mengumpulkan formulir dan alhamdulillah,, diterima dan aku di "pinjami" qur'an sama seniorku,,, haaaa
tapi bukannya aku menghafal al qur'an eh malah aku ngobrol dengan teman konsulku yang ternyata dya lulus ujian di kampusnya,,,,
waaah iri juga sich tapi gak pa apa eh tapi ketika aku menoleh ke samping kananku ke "KARDOS" alias "Kantor Dosen" aku melihat dosenku bergegas ke labkom waw,, aku jadi inginkuliah dankarena aku giliran terakhir "cause of my late for submitting my data" aku pergi menyusul dosenku danaku pun ikut "KULIAH" dan otomatis teman temanku pun heran
"lho kamu gak jadi" tanya febri hasan
"jadi kok tapi aku dapet giliran terakhir" jawabku tanpa dosa
akhirnya aku mengikuti kuliah kurang lebih 30 menit ketika kuliah aku sempat membuka al quran kecilku tapi tetap saja tidakkonsen karena pelajarannya seru ketika itu
30 menit berlalu i raise my hand
"why? do you wanna ask something? Mr Khoirul Umam ask me
"no sir, i just wanna ask permission to get out from this lab" i replied
"what is your reason" he asked me
" i wanna follow the exam , Sir" i replied once
owh yes please...
aku pun berjalan cepat ke tempat ujian dan masih belummasuk pula sebelumku
jammenunjukan pukul 5.15 sore.. bukannya aku belajar tapi aku malah bercakap2 tentang sekolah di PAKISTAN,,, lantas terfikir dalam benakku

"NIAT GAK SICH KAMU ?????"

dan akhirnya aku pun masuk ruangan ujian bersama penguji "Ustd Asif Trisnani Lc MA" waw.. aku gak yakin aku masuk karena aku tidak bisa jawab ujian,,, sediih juga sich tapi ya sudahlah yg penting aku sudah mencoba
keinginanku pun kandas sudah.....
Tibalah Waktu Pengumuman

danhari itu aku diliputi rasa kantuk yang amat dan aku pun PESIMIS untuk LULUS karena ketidak seriusanaku ketika ujian kemarin jadi aku malas ikut kumpul untuk pengumuman dan
ahirnya asfa menelponku untuk menanyakanku dan karena aku ngantuk berat akupun jawab TIDAK... tanpa berfikir panjang...
"aku tidak ikut kumpul" jawabku dengan rasa kantuk
"berarti kamu cancel yaa" asfa menta'kidkan
"ya" jawabku pasti.
tetapi setelah mereka berkumpul semuanya dinyatakan"LULUS" waah....sediih bangga juga pi aku masih termasuk Lho dri yang lulus itu.... "padahal aku gak belajar"
tapi aku enggan untuk ikut ke JAKARTA gak ada niat juga sich pi semua orang mensupport aku dan akhirnya aku pun bertekad kuat kembali untuk ikut,,,tapi aku telat lagi daftarnya waaah datanya dah keburu di bawa ke PUSAT
sediih pi gak apa pa ketika mereka bernagkat ke JAKARTA ke KEDUBES MESIR untuk prograku hanya bisa berdoa saja, untuk mereka....
tapi kakak kelasku banyak yang bertanya
"lho kamu gak ikutan de'?" tanya beliau
"oh iya aku ketiduran ketinggalan bisnya mereka " jawab aku santai padahal sedih juga sich

kira2 lebih dri 3 orang lah mereka bertanya tanya kenpa aku tidak ikut rombongan mereka karena sesungghnya mungkin mereka gak nyangka aku bakal menetap disini tapi ya bagaimanapun tu lah akhirnya ... dan banyak dri kaka kelasku yang sudah di mesir bertanya
"kenapa kamu gak jadi berangkat" ah sampai bosan aku menjawabnya
mungkin ni belum rezeki aku .. mungkin nanti s 2 jawabku singkat ( Amien)

tapi akhirnya yang lulus beasiswa hanya 1 orang danmereka bertekad untuk pergi ke malang untuk non beasiswa dan mereka pun mengajakku kembali tapi,,, jawabanku TIDAK.. karena ini pilihanku,,,,,
tapi aku bisa mengambil hikmah dari semua ini kok,,,,
banyak sekali ,,, sampai aku tidak bisa menyebutkannya dan inilah pilihanku
finally i undertake my study at ISID Darusssalam Institute for Islamic Studies , Institut Studi Islam Darussalam di jurusan Muamalat yang notabene gak AKU banget kata temen2 sich gtu sampe ada yang ngira aku masuk jurusan PBA "Pendidikan Bahasa Arab" dan inilah duniaku ,,,
Inilah caraku menjalankan mimpi, inilah cara ku membagi antara realita dan mimpi. Seperti kata temanku bahwa "kita harus bisa menjadi seorang pemimpi yang realistis" dan inilah cara aku mewujudkan mimpi aku secara realistis. So now, untuk kalian yang melihat saya nekat, gak niat kuliah, terlalu gak fokus sama kuliah, well I have many things to do dan aku percaya bahwa kuliah tetap nomor 1.

aku . Percaya. Akhirnya. Akan. Jadi. Yang. Paling. Baik. Amiiiiiiinnn! :)

this is i called it with L-I-F-E....
life is choice

dan KITA lah yang menentukannya
My choice, My world, you only read the story,,,

3 comments:

  1. apapun yg menjadi pilihan kita...itulah kita,,,karena kita berbeda dengan orang lain...aku adalah aku,,,satu2nya di bumi ini..tak ada yg menyamai,,,dan aku akan terus berjuang untuk apa yg menjadi pilihanku...semangat ya...^_^

    ReplyDelete
  2. makasih kak,,,,
    hiks hiks inget perjuangan dulu pas ujian ke mesir,,,
    a keep fighting for my life,,, struggling,,,

    ReplyDelete
  3. make another dream, cz it's not the end and everybody deserves a chance to pursue their full measure of happiness.

    ReplyDelete