Monday, May 10, 2010

ILMU PENDIDIKAN

Maddah wat UTS Syariah n Ushuluddin 4
Dosen Pengampu : Ustd Muh. Fauzi

Objek : 1. Material
2. formal = sudut pandang
Ilmu jiwa anak : 1. Material = anak
2. formal = perkembangan
Ilmu jiwa pendidikan : 1. Material = anak
2. formal = pendidikan
Syarat syarat ilmu pengetahuan
1. Memiliki objek
2. Memiliki metodologi
3. Disusun secara sistematis
Ilmu pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang membicarakan masalah masalah yang berhubungan dengan pendidikan
Sifat ilmu pendidikan
1. Bersifat teoritis
2. Bersifat praktis
3. Mersifat normative
Arah pendidikan
1. Kedewasaan

التربية هي التأثير بجميع المؤثرات التى نختارها قصدا لنساعد بها الطفل على ان يترقى جسما وعقلا وخلقا حتى يصل تدريجيا إلى أقصى إليه الكمــــال ...........

Pendidikan ialah usaha yang sadar, teratur, dan sistematis, dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam proses menuju kedewasaan

Tiga faktor dalam menghambat pendidikan
1. Anak didik
2. Lingkungan (pengaruh)
3. Faktor pendidik
Ciri Ciri Dewasa
1. Adanya kestabilan
2. Adanya sifat tanggung jawab
3. Adanya sifat mandiri

Pada hakikatnya manusia harus terdidik karena manusia layak untuk dididik.
Hakikat eksistensi manusia menurut Langeveld :
1. Memandang manusia sebagai animal educandum yaitu manusia merupakanmakhluk yang harus dididik
2. Memandang manusia sebagai animal educable yaitu manusia merupakan makhluk yang dapat dididik
3. Memandang manusia sebagai makhluk yang aktif maksudnya yaitu adanya kecenderungan dan naluri membentuk diri
Tujuan dari pendidikan
1. Tujuan umum yang menjadi insane yang kamil
2. Tujuan khusus (disesuaikan dengan kondisi)
3. Tujuan tak lengkap
4. Tujuan incidental
5. Tujuan sementara
6. Tujuan perantara
Aliran dalam perkembangan anak
1. Pembawaan : nativisme tokohnya Schopenhover
Naturalism tokohnya JJ.Rosseau
Predestinasi (nasib) tokohnya Gregor Mendel
2. Pendidikan / lingkungan = teori tabularasa (John Locke)
3. Konvergensi = penggabungan antara naturalism dan nativisme , perpaduan antara pembawaan dan lingkungan tokohnya Willhem Stern
Aspek aspek perkembangan
1. Perkembangan motorik
2. Perkembangan ingatan, pengamatan, dan fantasi
3. Perkembangan berfikir,
4. Perkembangan kepribadian
5. Perkembangan kedewasaan
Perkembangan secara global - khusus / rinci
Lembaga pendidikan
Adalah orang/badan yang secara wajar mengurusi/ mempunyai tanggung jawab terhadap pendidikan anak.
Lembaga pendidikan :
- orang tua
- Sekolah , madrasah
- Yayasan
- Negara

No comments:

Post a Comment